Food Photography Pekanbaru

Having Fun Using Windows Light, bersenang-senang dengan cahaya jendela? Ya!!! Dengan jendela aja bisa having fun, dalam konteks fotografi tentunya… hehe… Kali ini saya akan share sedikit tips (lagi2 sedikit…) tentang menggunakan cahaya alami dari jendela…

Kali ini saya nongkrong di Lick n Latte, Sudirman Squere, tempat nongkrong yang cukup nyaman. Saya datang sekitar pukul 11 pagi, masih sepi, memang pilih agak pagi, supaya lebih bebas dalam memlih tempat. Langsung pilih tempat duduk paling dekat dengan jendela. Kenapa? Semakin dekat dengan sumber cahaya, kita akan mendapatkan kontras yang tinggi (Scott Kelby).

Duduk yang manis, langsung pesan Coffe latte.

Pemilihan arah jatuh cahaya sangat penting dalam menentukan mood sebuah foto makanan/ minuman. Agar lebih gampang, saya akan menjelaskan posisi jendela, kamera dan cangkir kopi

Front Light

Front Light

Foto diatas diambil dengan cahaya dari depan kamera, alias jendela tepat dibelakang saya. Bisa dirasakan, foto diatas tidak menarik untuk dilihat.

Backlight

Backlight

Untuk foto diatas, posisi jendela tepat didepan saya.  Teknik ini juga dikenal dengan backlight, karena sumber cahaya datang dari belakang cangkir. Teknik ini sangat cocok untuk minuman dingin, berhubung objeknya adalah hot coffe latte, mood nya masih kurang tepat.

Side Light

Side Light

Foto diatas diambil dengan memposisikan cahaya berasal dari samping kiri. Teknik pencahayaan seperti ini disebut juga dengan side light. Side light sangat cocok untuk makanan / minuman yang hangat  karena identik dengan cahaya pagi/sore.

Untuk meningkatkan kesan hangat, perlu diperhatikan penggunaan white balance. Cahaya dari jendela cendrung lebih biru. Untuk kamera DSLR mid range, bisa diset 5000K (untuk mood panas) dan 4500 K (untuk mood dingin). Bagaimana dengan kamera HP/Pocket/DSLR pemula? Bisa diset cloudy (panas) atau Fluorescent (dingin).

Dari ketiga jenis pencahayaan diatas, pencahayaan yang paling cocok untuk coffe late adalah side light. Untuk makanan yang dingin seperti ice cream, teman-teman dapat mencoba backlight. Apakah ini aturan baku? Gak ada polisi kok, langgar aja.Untuk coba teknik back light, langsung aja datang ke Lick N Latte, pesan Burger Ice Cream , Selamat mencoba!!!

Advertisements

Comments on: "Having Fun Using Windows Light" (4)

  1. IbenkMaia said:

    tips yang menarik n menambah wawasan sy ..
    di tunggu lagi tips selanjutnya ya min..

  2. Thanks for sharing uda Hendra , setuju jua mengenai Side Effect nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: